Baca Buku Bareng di Perpustakaan KPw BI Provinsi Jawa Barat

Published: Tuesday, 16 April 2019 Written by Dipidiff

 

 

Teman-teman pernah ke Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat? Kalau saya baru kali ini. Sebenarnya BI corner sudah familiar sih buat saya, karena bolak-balik ke Dispusipda Jabar selalu lihat sudut baca yang cozy dengan nama BI Corner. BI Corner ini tentunya tidak hanya ada di Dispusipda Jabar saja, melainkan juga ada di Dispusip Kota Bandung, Dispusip Garut, Arsip dan Perpustakaan Kab. Cianjur, Ponpes Al-Falah, SMA Dwiwarna Boarding School Bogor, Lapas Sukamiskin, Unpad, UPI, UIN Bandung, Telkom University, Unisba, dan Sangga Buana YPKP. Tapi kalau perpustakaannya, saya pun tahu baru-baru ini saja.

So, ini adalah kesempatan yang luar biasa menyenangkan untuk bisa berkunjung ke Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar langsung. Dengan koleksi buku mencapai 7000-an judul dan varian kategori yang banyak, perpustakaan ini menawarkan bacaan yang berkualitas. Saya sengaja memberi judul tulisan saya kali ini dengan kalimat "Baca Bareng" untuk menekankan ajakan kepada semua pecinta buku, pegiat literasi, dan yang hobi baca untuk datang ke Perpustakaan BI. Give it a try and you won't regret it ^^.

 

Layanan Perpustakaan

Area membaca Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar juga nyaman untuk membaca karena meja dan kursi yang disediakan steady dan bahkan berwarna-warni. Ada sofa di salah satu sudut yang boleh kita gunakan juga untuk membaca atau menggunakan laptop yang kita bawa. Sudut yang lain memfasilitasi lemari penyimpanan barang yang kuncinya bisa kita dapatkan setelah menuliskan nama kita di buku tamu dan 'melapor' ke pustakawan yang sedang bertugas. Ada 4 komputer bebas pakai untuk pengunjung, 2 diantaranya terkoneksi internet. Rak-rak buku rapi berjajar di sisi kanan ruangan dan ada layanan baca surat kabarnya juga.

Tapi yang istimewa dari perpustakaan ini adalah tersedianya ruang bermain anak "Kids Corner". Ruangan ini kerap kali ramai karena anak-anak betah bermain di ruangan yang cerah berwarna-warni dan dilengkapi dengan beberapa mainan. Dan di salah satu sudut ada UMKM Corner, yang biasanya 'diisi' oleh para pemilik UMKM Bandung saat ada event di perpustakaan BI, UMKM kopi di antaranya.

 

Foto:  Kiri atas Kids Corner. Kanan atas loker. Kiri bawah fasilitas komputer. Kanan bawah rak buku perpustakaan.

 

Hal menarik lainnya yang saya temukan di sini adalah gerogak AJEB yang merupakan akronim dari Antar Jemput Buku. Rupanya di hari tertentu, dua minggu sekali, secara berkala, ada program dimana gerobak AJEB ini berkeliling ke seluruh bagian gedung BI dan melayani layanan antar jemput buku. Jadi memang tidak sampai keluar area BI, tapi tetap saja menarik ya programnya.

 

Koleksi Buku

Koleksi bacaan di Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar saat ini sudah mencapai 7121 eksemplar, 2819 majalah, 1138 statistik, 42 jurnal BI, 380 multimedia, kurang lebih 2000 jurnal ilmiah internasional, dan publikasi khusus BI. Untuk buku-buku baru dan koleksi khusus ada display bukunya di dekat meja pustakawan. Tidak hanya buku non fiksi - keuangan, novel terlaris pun ada di rak ini, misalnya novel Mitch Albom, dan untuk non fiksi ada Blue Ocean Shift dan Managing of Millenial. Tak hanya buku berbahasa Indonesia, ada pula buku impor di perpustakaan ini.

Foto: Kiri atas Gerobak AJEB. Kanan atas display surat kabar. Kiri dan kanan bawah Koleksi Khusus.

 

Beralih ke rak buku yang berjajar rapi di sisi kanan ruangan, saya mencermati koleksi buku non fiksi dan fiksinya, terutama yang biasa dibaca oleh umumnya pembaca. Ternyata koleksinya memang bagus-bagus dan cukup up to date. Di rak novel ada buku-buku Andrea Hirata, Tere Liye, dan bahkan China Rich Girlfriend-nya Kevin Kwan. Di rak buku biografi saya menemukan bukunya Live Without Limits - Nick Vujicic dan buku otobiografi Barrack Obama yang saya ketahui ceritanya saat beberapa waktu lalu membaca biografi Becoming yang ditulis oleh Michelle Obama.

 

 

Foto: Beberapa buku di rak fiksi dan non fiksi

 

Berikut beberapa kategori buku yang tersedia di Perpustakaan BI:

Agama Islam

Ekonomi Syariah

Ilmu Sosial

Ilmu Statistik

Politik

Pemerintahan

Ilmu Ekonomi

Ilmu Pengatahuan Pada Umumnya

Metode-metode Penelitian

Filsafat dan Psikologi

Psikologi / Ilmu Jiwa

Agama Kristen

Agama Budha

Geografi Umum

Biografi

Ilmu Sejarah

Skripsi

Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan

Buletin Hukum Perbankan dan Kebanksentralan

Laporan Triwulan Perkembangan Perbankan

Laporan Triwulan Keuangan Tahunan Bank Indonesia

Perpajakan

Ilmu Ekonomi

Tanah, Pemilikan, Real Estate

Koperasi

Manajemen Bisnis

Akuntansi

Ekonomi Perusahaan Manajemen, Organisasi Komersil

Referensi : Manajemen Pemasaran, Berbagai Industri, Komputer, Arsitektur, Kesusastraan, Bahasa-Bahas Barat pada Umumnya

Fiksi/Novel

Buku Anak

Publikasi Bank Indonesia

Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia

Statistik Ekonomi Moneter Indonesua

Statistik Perbankan

Publikasi Bak Indonesia Regional I

Publikasi Bank Indonesia Regional II

 

Selain buku, di sini kita juga bisa mengakses jurnal internasional. Lalu coba deh berfoto di sudut budaya Sundanya, seperti foto saya yang paling atas. Biasanya wayang golek yang ada, memang digunakan saat event mendongeng diadakan. Lengkap juga ya sebenarnya layanan di perpustakaan BI ini.

 

Layanan Lainnya - Kerjasama Event

Selain layanan buku sebenarnya Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar juga memiliki layanan yang lain, di antaranya adalah menyediakan ruangan untuk berbagai kegiatan masyarakat, terutama kegiatan literasi. Ini gratis loh buat umum, bahkan pihak perpus BI menyediakan snack untuk para peserta kegiatan. Syaratnya juga mudah, yakni menghubungi pustakawan perpustakaan (lebih baik datang langsung ke sana) dan mempersiapkan sertifikat bukti kerjasama dengan pihak perpustakaan. Beberapa kegiatan yang sudah diselenggarakan antara lain acara komunitas PPMI, Komed, GSSI, dan cafe ABK. Acara bisa diadakan di akhir pekan atau weekdays tergantung kesepakatan bersama. Kapasitas ruangan yang ada mencapai 60 orang. Nah, buat teman-teman yang berminat bekerjasama dengan pihak perpustakaan BI, sekarang jangan ragu-ragu lagi ya. Tim perpustakaannya sangat ramah dan menerima kita dengan tangan terbuka.

 

Peminjaman dan Keanggotaan

Teman-teman pasti sekarang sudah penasaran bagaimana aturan peminjaman dan keanggotaan di Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar. Silakan simak peraturannya di bawah ini:

Anggota Perpustakaan BI

* Pegawai

* Calon Pegawai

* Pihak Eksternal yang bekerjasama dengan BI

* Pensiunan

* Konsultas/honorer di BI

 

Batas Peminjaman

Batas peminjaman maksimal 3 eksemplar selama 14 hari. Perpanjangan peminjaman maksimal 2 kali.

 

Peminjangan Khusus

Untuk keperluan penyelesaian tugas satker, anggota dapat menambah peminjaman dengan mengajukan sebagai "Peminjam Khusus" (maksimal 5 eksemplar).

 

Pengembalian Buku

Buku harus dikembalikan sesuai tanggal jatuh tempi. Keterlambatan akan diinformasikan melalui surat pemberitahuan kepada peminjam.

 

Pemblokiran Keanggotaan

Status keanggotaan peminjam akan diblokir jika terlambat mengembalikan koleksi lebih dari 42 hari sejak tanggal peminjaman.

 

Koleksi yang Rusak/Hilang

Bila Koleksi rusak/hilang, peminjam harus membuat surat pernyataan dan mengganti dengan koleksi yang sama atau sejenis

 

Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar terbuka untuk umum dengan jam operasional Senin - Jumat dari pukul 07.30 - 17.00 WIB, tapi untuk keanggotaan dan peminjaman buku hanya terbuka untuk internal BI saja.

 

Lokasi

Waktu pertama kali datang ke perpustakaan ini saya cukup kaget juga sih karena harus melewati pemeriksaan rinci di bagian keamanan, bahkan lengkap dengan detektor. Cek keamanan ini ada dua lapis, satu di gerbang, dan satu lagi ketika memasuki gedung. Tapi jangan khawatir jangan pula ragu ya. Ini semua hanya prosedur standar gedung BI yang wajar jika harus ketat karena BI bukan sembarang tempat orang bisa datang dan pergi. Staff keamanan juga ramah bertanya, jadi tak ada alasan untuk enggan berkunjung ke perpustakaan BI. Terlebih lagi para pustakawannya juga ramah dalam melayani pengunjung. Ini salah satu yang membuat kita merasa nyaman datang ke spot membaca ini.

Lokasi perpustakaan ada di lantai satu gedung BI, dekat dengan pintu masuknya. Alamat lengkapnya ada di bawah ini:

Jalan Braga No. 108 Bandung 40111

 

 

 

Harga-harga buku buat sebagian orang memang masih terhitung mahal. Padahal buku adalah salah satu sumber ilmu yang mencerdaskan pembacanya. Oleh karena itu lah keberadaan perpustakaan sangat membantu masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih cerdas, terutama perpustakaan yang memberikan pelayanan yang gratis seperti Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar. Apalagi perpustakaan BI tidak hanya bergulat di urusan layanan buku saja tapi juga concern ke berbagai kegiatan lainnya di dunia literasi. Mari kita kunjungi perpustakaan BI ya, ini adalah salah satu tempat baca dan berkegiatan yang oke buat kita-kita, terutama yang berdomisili di Bandung.

 

Sebagai penutup saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Yogi selaku pustakawan Perpustakaan KPw BI Prov. Jabar yang sudah menerima saya dengan sangat baik sehingga tulisan ini bisa dipublikasikan dan dibaca oleh banyak orang. Sukses terus Bank Indonesia, maju terus Perpustakaan BI, dan mari kita sama-sama dukung kegiatan perpustakaan yang ada.

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi)

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku An Anonymous Girl - Greer He…

19-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : An Anonymous Girl Penulis : Greer Hendricks & Sarah Pekkanen Jenis Buku : Psychological Suspense Penerbit : Pan MacMillan   Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman : 464 halaman Dimensi Buku : 13.00 x 19.70 x 3.20 cm Harga...

Read more

Review Buku The Silence - Tim Lebbon

09-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Silence Penulis : Tim Lebbon Jenis Buku : Science Fiction Penerbit : Titan Books (UK)  Tahun Terbit : Maret 2019 Jumlah Halaman :  368 halaman Dimensi Buku : 20.32 x 13.21 x 2.54 cm Harga : Rp. 112.000*harga...

Read more

Review Buku Talking To Strangers - Malco…

07-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Talking to Strangers What We Should Know about the People We Don’t Know Penulis : Malcom Gladwell Jenis Buku : Non Fiksi - Psikologi Penerbit : Penguin Random House UK Tahun Terbit : September 2019 Jumlah...

Read more

Review Buku The Ride of A Lifetime - Rob…

07-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Ride of A Lifetime Lessons Learned from 15 Years as CEO of The Walt Disney Company Penulis : Robert Iger Jenis Buku : Management Leadership Penerbit : Random House Publishing Group Tahun Terbit :...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

Review Buku 64 Tips dan Trik Presentasi …

31-03-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : 64 Tips dan Trik Presentasi Public Speaking Mastery in Action Penulis : Ongky Hojanto Disain Sampul : Orkha Creative Jenis Buku : Non Fiksi - Komunikasi Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit :...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

Work Coffee Cafe (a Review)

17-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Familiar kah teman-teman dengan nama cafe ini? Saya sih tidak. Tapi itu kemungkinan karena kami domisili di Bandung Timur dan jarang main ke daerah ini. Padahal tempatnya asyik bahkan klasik...

Read more

Marka Cafe + Kitchen (a Review)

16-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Untuk mereka yang biasa ngafe atau duduk-duduk nongkrong sambil menikmati kopi pasti sudah kenal kafe yang satu ini. Saya juga tahu Marka cafe karena diajak partner saya ngobrol-ngobrol tukar pikiran...

Read more

The Best Way to Start a New Habit

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Banyak orang termasuk saya yang hidupnya penuh rencana perbaikan diri. Fokus pada menemukan kebiasaan baru dan berusaha menghilangkan kebiasaan lama seolah sudah jadi agenda sehari-hari. Tapi niat dan realisasi kadang...

Read more