Review Buku Kakeibo - The Japanese Art of Saving Money - Fumiko Chiba

Published: Sunday, 17 February 2019 Written by Dipidiff

 

Judul : Kakeibo – The Japanese Art of Saving Money

Penulis : Fumiko Chiba

Jenis Buku : Self Improvement - Finance

Penerbit : Tarcherperigee

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 208  halaman

Dimensi Buku :  20.96 x 13.97 x 1.27cm

Harga : Rp.216.000 *harga sewaktu-waktu dapat berubah

ISBN : 9780525538035

Paperback

Edisi Bahasa Inggris

 

Available at Periplus Bandung Bookstore (ig @Periplus_setiabudhi, @Periplus_husein1 , @Periplus_husein2)

 

 

 

Sekelumit Tentang Isi

Orang-orang di Jepang terkenal sebagai ahlinya 'minimal living'. Mereka sangat berhati-hati dan bijak dalam setiap aspek kehidupan mereka. Dan Kakeibo adalah salah satu cara mereka dalam mengelola anggaran keuangan yang bukan hanya tepat guna tapi juga sederhana.

Premisnya sederhana: pada awal setiap bulan, fokuslah pada Kakeibo, dan berpikir dengan hati-hati tentang berapa banyak yang ingin disimpan dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Anda. Kakeibo akan memberi ruang untuk mencatat pengeluaran mingguan dan mengevaluasi pengeluaran bulan yang baru saja lewat. Kakeibo memastikan kegiatan menabung sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, dan memberi kesempatan untuk meningkatkan tabungan tersebut di tiap bulannya. Dengan menggunakan kakeibo ini, kita dapat mengendalikan pengeluaran kita dan mulai mencapai tujuan yang kita inginkan, serta menemukan cara menabung untuk hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup kita.

Kakeibo telah menjadi tradisi Jepang selama lebih dari seabad. Kakeibo pertama kali dipopulerkan pada tahun 1904 oleh Hani Motoko, jurnalis wanita pertama Jepang, sebagai cara bagi ibu rumah tangga untuk mengelola anggaran. Kakeibo adalah alat yang membebaskan wanita dan memberikan mereka kendali atas semua keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Saat ini, kakeibo tetap sangat populer di seluruh Jepang sebagai metode yang telah dicoba dan diuji untuk menghemat uang. Ada banyak jenis kakeibo, tetapi tujuannya sama, yakni cara untuk melacak pendapatan dan mencatat pengeluaran.

Kakeibo akan membantu menunjukkan gambaran yang lebih besar dan memungkinkan kita merencanakan pengeluaran dengan lebih bijak.

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

Saya sangat suka dengan disainnya yang sederhana. Judulnya jelas dan tentu mencerminkan isi bukunya. Meski saya bukan penggemar cover buku warna putih, tapi untuk buku ini saya berikan pengecualian. Terutama setelah membuka halaman demi halamannya yang berwarna biru lembut. Mungkin karena isi bukunya lah yang menyebabkan saya berpihak sepenuhnya pada apapun yang ada di fisik buku. 

 

 

Opini - Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

 

Saya menyukai bagaimana konsep Kakeibo dijelaskan di awal buku, ini sebenarnya adalah top tips untuk Kakeibo. Sebuah 'dasar' agar kita memahami seperti apa Kakeibo itu. Baca dengan seksama dan jangan sampai terlewatkan.

Saving money is about spending money well.

Often when we think about saving money, the emphasis is on what we cannot spend. This makes saving money a chore and prevents us from making it a long-term lifestyle change. The key to saving is to instead start thinking about it in terms of spending money – but spending it well. This is very important for changing your focus.

Divide your spending into “musts” and “wants”.

This kakeibo will ask you ...

Jelas sudah bahwa kegiatan saving atau menyimpan uang dalam metode Kakeibo adalah bagian wajib dari pengelolaan keuangan, yang sudah direncanakan dari awal dan bukan disimpan di ujung periode sebagai suatu sisa uang yang ada. Saya menyukai konsep ini segera, karena terasa aman dan logis.

 

Halaman selanjutnya adalah bab How It Works yang akan menjelaskan metode Kakeibo itu sendiri. Bagian ini menurut saya sangat mudah dimengerti karena dijelaskan berikut diberikan contohnya.

Your Kakeibo will guide you easily through the process of saving money by asking you to reflect on four key questions every month:

1)   How much money do you have available?

Calculate this by deducting any fixed expenditure (e.g., rent or travel card) from your monthly take-home pay.

2)   How much would you like to save?

3)   ...

4)   ...

Completing your kakeibo will keep your savings target at the forefront of your mind, allowing you to painlessly achieve your goals.

 

Istimewanya buku ini tidak terikat pada waktu tertentu, artinya kita bisa memulai menggunakan metode Kakeibo ini kapanpun kita siap.

 

Ada gambar The Kakeibo Cycle yang akan membantu kita memahami konsep Kakeibo. Gambar ini juga menegaskan seperti apa metode Kakeibo itu. Bagi mereka yang visual, adanya gambar ini pasti memberikan nilai tersendiri bagi mereka.

 

 

Selanjutnya kita langsung masuk ke bab Metode Kakeibo yang lebih detail. Dijelaskan dengan tabelnya langsung, sehingga mudah dipahami. Singkat padat. Ada 6 kolom yang harus diisi di bagian ini.

  1. How much money do have coming in?
  2. How much money do you have coming out?
  3. How much money do you have available to you?
  4. How much do you want to save?
  5. How much should you spend?
  6. Notes

Picture: Contoh tabel Kakeibo berikut penjelasan cara pengisiannya

 

Lalu berikutnya kita diberikan simulasi pencatatan per minggunya. Cara-caranya juga sudah tertera langsung bersama tabelnya.

  1. Fill in your weekly spending budget
  2. Add your own categories to fit your lifestyle. In the examples on the right, takeout might include evening takeout but also coffee takeout and a sandwich at lunchtime. Entertainment might include movies and books.
  3. Fill in your spending as you go along
  4. ..
  5. ..
  6. ..
  7. Check you haven’t exceeded your limit

 

 

Salah satu bagian terbaik dari Kakeibo adalah tahapan review di akhir bulan. Dengan review ini kita bisa mengevaluasi pengeluaran mana yang berlebihan dan yang mana yang bisa dihemat. Kita juga jadi mengetahui detail pengeluaran kita.

 

Ada kutipan-kutipan bertema finansial juga di tiap akhir bulan. Menarik karena dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan maknanya ke dalam bahasa Inggris sehingga bisa kita pahami, dan kutipan ini sangat memotivasi.

 

Year Planner adalah bagian yang paling saya tunggu. Di Bab Year Planner kita bisa memikirkan sebuah rencana perbaikan Kakeibo kita untuk tahun depan, dan menantang diri kita sendiri untuk membuat rencana yang lebih baik.

Year Planner

As you progress through this book, you will plan your spending on a month-by-month basis. But for now – take a deep breath and think about the year as a whole.

What a special expenditures will occur during the course of the next twelve months?

Think about...

-      Holidays: short breaks or longer trips

-      Occasions: birthdays, wedding, or Chrismast

-      Special events: a concert, festival, a show

-      ...

...

Think about how much you would need to save each month to meet this total cost. Maybe this figure alone will be enough to stretch you, or maybe you could set yourself a more ambitious target. Either way, it’s worth keeping this figure in mind to make sure that you are not caught short one month.

...

 

 

Setelah teori ini, isi buku langsung berupa tabel-tabel kosong yang bisa kita isi dengan kakeibo kita sendiri. Tabel-tabel yang disediakan tersedia untuk 12 bulan (satu tahun).

 

Di situs Amazon maupun di Goodreads buku ini masih berjuang untuk mendapatkan rating 4. Mereka yang memberikan rating tinggi untuk buku ini jelas mereka yang memang membutuhkan sebuah buku yang bisa membantu pengelolaan uang sehari-hari yang sederhana metodenya tapi tepat guna. Banyak pembaca yang menyukai disain buku ini, termasuk peribahasa/pepatah Jepang yang unik dan memotivasi itu. Mereka yang memberikan rating rendah kepada buku ini menyatakan kekecewaan mereka dengan kesederhanaan metode Kakeibo itu sendiri, mengira Kakeibo adalah metode yang lebih kompleks dan bisa membawa mereka pada kesuksesan finansial yang luar biasa, padahal kenyataannya ini memang metode pengelolaan anggaran sederhana harian saja. Beberapa yang lain juga memberikan masukan soal tidak mencukupinya lembar tabel yang disediakan.

 

Saya pribadi menyukai buku ini. Memang saya sudah pula memiliki metode sendiri dalam mengelola keuangan bulanan saya di luar transaksi banking. Tapi tetap saja begitu menemukan dan membaca buku ini saya tergerak dan bersemangat kembali untuk mengelola keuangan harian saya lebih baik, dan Kakeibo ini memberikan dasar yang cukup untuk itu. Penjelasannya mudah dipahami, dan bukunya didisain dengan baik. Saya setuju soal kurangnya halaman tabel dalam buku ini jika memang buku ini dimaksudkan untuk tujuan aplikatif. Pada akhirnya kita akan membutuhkan buku catatan sendiri untuk tambahan, atau malah membuat tabel sendiri di buku catatan kita berdasarkan contoh yang diberikan di buku ini. Masalah apakah pengaplikasian metode Kakeibo ini bisa membuat pemakainya berhasil mencapai kekayaan atau impian, itu akan kembali pada pribadi masing-masing. Menurut saya ini akan berhasil. Berlatih dari saving untuk tujuan sederhana, lalu naikkan levelnya hingga ke titik yang paling ekstrem yang kita inginkan. Jika kita komitmen dan disiplin maka hasil tidak akan mengkhianati.

 

Lebih Lanjut Tentang Buku Ini

Buku ini telah disusun oleh penulis Fumiko Chiba, dengan bantuan ahli kakeibo Jepang, blogger, jurnalis keuangan, dan pemakai metode kakeibo bertahun-tahun lamanya.

Sophie Yamamoto telah merancang buku ini sedemikian indah.

Midore Yamanake menginterpretasikan pepatah yang digunakan dengan baik dan kreatif.

Yukinobu Kitamura memberikan wawasannya yang menarik tentang pentingnya kakeibo dalam sejarah sosial ekonomi Jepang.

Aki (penulis Aki Easy Kakeibo) memberikan kiat-kiatnya yang sangat berguna tentang penghematan.

Yukiko Ayres berbagi tentang apa arti kakeibo baginya.

Yuki Wada memberikan saran cara memanfaatkan Kakeibo sebaik-baiknya.

Akemi Solloway memberikan wawasannya tentang makna kakeibo dalam budaya Jepang.

 

Buku Kakeibo mendapatkan rating 3.8 di situs Amazon dan 3.5 di situs Goodreads.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca yang membutuhkan sebuah buku yang berisi cara mengelola keuangan bulanan sederhana. Metodenya mudah dipahami, dicontohkan langsung di tabel keuangannya. Disain bukunya menarik, dilengkapi dengan pepatah Jepang dan interpretasinya yang menarik, menginspirasi, dan memotivasi. Ada bagian review anggaran per bulannya, bahkan per tahunnya sehingga kita bisa melihat garis besar arus uang yang kita miliki selama satu tahun lalu menjadikannya dasar perencanaan keuangan yang lebih baik untuk tahun berikutnya. Kakeibo bisa kita mulai kapanpun kita mau, tidak terikat pada satu waktu tertentu, yang berarti tidak harus dimula pula di awal bulan. Jumlah tabel kosong yang disediakan untuk mencatat Kakeibo kita sendiri memang kemungkinan tidak cukup, pada akhirnya kita harus memindahkan catatannya ke buku catatan lain, tapi untuk tujuan latihan awal buku ini lebih dari cukup. Kakeibo logis dan nyata bisa membuat kita lebih baik dalam mengelola keuangan, dan jauh lebih berhasil dalam menyimpan uang untuk tujuan yang benar-benar penting dan kita inginkan. Namun kunci pengelolaan keuangan pada akhirnya tetap sama, yakni disiplin dan berkomitmen. Untuk tujuan aplikasi, Kakeibo memenuhi ekspektasi. Secara teori pun mencukupi. Hanya jauhkan harapan kita dari sebuah strategi finansial level tinggi, sebab buku ini jelas akan mengecewakan kita. 

My Rating : 4.6/5

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk Order Dipidiff Snack Book

 

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku Humankind A Hopeful History …

20-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Instant New York Times Bestseller   Judul : Humankind – A Hopeful History Penulis : Rutger Bregman Jenis Buku : History -Psychology Penerbit : Bloomsbury Publishing Tahun Terbit : Mei 2020 Jumlah Halaman :  496 halaman Dimensi Buku :  16.30...

Read more

Review Buku Aliens Phalanx - Scott Sigle…

16-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  #1 New York Times Bestselling Author An Original Novel Based on The Films from 20th Century Fox   Judul : Aliens Phalanx (Part of: Alien (6 Books)) Penulis : Scott Sigler Jenis Buku : Science Fiction Penerbit : Titan...

Read more

Review Buku Joy at Work - Marie Kondo …

01-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

 #1 New York Times bestselling author of The Life-Changing Magic of Tidying Up.   Judul : Joy at Work Organizing Your Professional Life Penulis : Marie Kondo & Scott Sonenshein Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Little, Brown...

Read more

Review Buku The Wife Between Us - Greer …

27-09-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

An instant New York Times bestseller!A 2018 Indie Next PickA January 2018 Library Reads Top 10 PickOne of...Wall Street Journal's "6 Books to Read This Winter"Real Simple's "Best Books of 2018"Glamor Magazine's "All the Books...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku Gulag - Aleksandr I. Solzhen…

05-08-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Karya Sastra DuniaNovel terbaik SolzhenytsinKarya peraih Nobel 1970   Judul : Arhipelag Gulag Penulis : Aleksandr I. Solzhenitsyn Jenis Buku : Fiksi - Sejarah Penerbit : Bentang Tahun Terbit : Cetakan Pertama 2018 Jumlah Halaman :  664 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku The Fifth To Die - J.D. Bark…

21-07-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Fifth To Die Penulis : J.D. Barker Editor : Ani Nuraini Syahara Jenis Buku : Psychological Thriller Penerbit : Bhuana Sastra Tahun Terbit : 2019 Jumlah Halaman :  740 halaman Dimensi Buku :  13.5 x 20...

Read more

Review Buku Sentra - Rhenald Kasali

18-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Sentra – Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang Series on Education Penulis : Prof. Rhenal Kasali Jenis Buku : Edukasi Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

TERBARU - DIPIDIFFTALKS

Perpustakaan Luar Indonesia Kayak Apa Ya…

27-09-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Yang pernah dan suka berkunjung ke perpustakaan yuk tunjuk tangan :D  Perpustakaan di luar negeri itu kayak apa ya? ⁣ ⁣ Gara-gara penasaran, akhirnya nyari berbagai info di internet, trus pelototin foto perpusnya satu...

Read more

Cara Membuat Perpustakaan Pribadi di Rum…

25-09-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

Let’s encourage each other to shape a better future       Perpustakaan sendiri punya kenangan yang mendalam di benak saya. Saya yakin teman-teman juga punya memori tersendiri ya tentang library. Baca juga "Arti...

Read more

Arti Perpustakaan Bagi Para Pecinta Buku

23-09-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

"I have always imagined that Paradise will be a kind of a Library."     Ada sebuah kutipan yang saya baca dari librarianshipsstudies.com tentang perpustakaan yang mengena sekali dengan pola pikir dan rasa saya...

Read more