Review Buku Semua Anak Bintang - Munif Chatib

Published: Saturday, 08 September 2018 Written by Dipidiff

Judul : Semua Anak Bintang

Menggali Kecerdasan dan Bakat Terpendam dengan Multiple Intelligences Research (MIR)

Penulis : Munif Chatif

Jenis Buku : Non Fiksi – Psikologi & Pendidikan Anak

Penerbit : Kaifa

Tahun Terbit : Juli 2017

Jumlah Halaman :  104 halaman

Dimensi Buku :  19x 24 cm

Harga : Rp. 75.000

ISBN : 978-602-0851-88-4

 

Sekelumit Tentang Isi

"Susah sekali mengajari dia, sampai berbusa mulut guru mengajarinya, tetap saja dia tak paham."

"Anak itu tidak pernah menghiraukan gurunya mengajar atau ketika orangtuanya berbicara. Bisanya loncat sana, loncat sini, lari sana lari sini."

Apakah mereka tidak cerdas?

Lalu, bagaimana dengan anak yang mengalami cedera otak atau menyandang autisme? Apakah cerdas itu berarti bisa menjadi nomine Grammy Award sejak cilik?

Semua anak adalah bintang!

Jangan terburu-buru mengatakan seorang anak itu lemah, bodoh, dan tidak mampu. Ternyata, setiap manusia memiliki banyak kecenderungan kecerdasan, tak hanya satu atau dua. Setiap anak berpotensi untuk cerdas bahasa, cerdas angka, cerdas gambar, cerdas gerak, cerdas bergaul, cerdas diri, cerdas musik, dan cerdas alam.

Kecerdasan tidak dapat dinilai dari alat tes apa pun. Tapi, dapat diketahui dari kebiasaan sang anak yang bersumber pada dua hal: bagaimana sang anak terbiasa kreatif dan bagaimana anak tersebut terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Dalam buku menarik dan praktis ini, kembali, sang Gurunya Manusia memaparkan kiat dan cara orangtua, guru, dan siswa mengasah kebiasaan untuk:

- Mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan.

- Mengetahui potensi kecerdasan dan bakat-bakat terpendam anak yang bisa dikembangkan.

- Mengetahui cara dan pola pendekatan komunikasi kepada anak-anaknya.

- Bisa dilakukan di mana saja: rumah, sekolah, kelas, lingkungan lebih luas.

- Dasar guru melakukan "grouping" atau pendekatan individu siswanya.

- Class mapping, melakukan pembagian kelas di sekolah dengan kelas paralel.

- Memilih metode mengajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa.

- Mendesain metode mengajar dalam RPP.

- Menemukan metode mengajar yang sesuai untuk beberapa kelas yang bervariasi.

 

Yuk kita intip daftar isinya

  1. Setiap Anak Cerdas

Benarkah Setiap Anak Cerdas?

Mendefinisikan Kembali Makna Kecerdasan

Kecerdasan Itu Multi-Dimensi

Cara Mengembangkan Kecerdasan

  1. Manfaat MIR untuk Siswa, Guru, Orangtua, dan Sekolah

Hasil MIR untuk Guru dan Sekolah

Hasil MIR untuk Orangtua

  1. Contoh Tabel dan Grafik Kecerdasan
  2. Otak dan Kecerdasan
  3. Gaya Belajar
  4. Metoda Mengajar
  5. Jenis Permainan yang Disarankan
  6. Kegiatan Kreatif di Rumah
  7. Tentang Multiple Intelligences Research (MIR)
  8. Hasil MIR Dinamis

Hasil MIR Bukan Bidang Studi

Hasil MIR Memiliki Konsep Ipsative

Teori Kecerdasan

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

Ini buku non fiksi yang tertipis yang pernah saya baca. Ringan dan bisa dibilang untuk sekali baca. Bentuk bukunya lebih mirip persegi empat daripada persegi panjang umumnya bentuk buku. Yang pasti disain covernya yang dominan biru disertai gambar pak Munif memang menarik.

 

Opini 

Beberapa hal menjadi catatan saya saat membaca buku ini. Yang pertama adalah semua halamannya ternyata berwarna dan memiliki ilustrasi gambar. Wow, untuk pembaca tipe visual pasti suka dengan buku ini karena tidak membosankan dan rame.

Picture: Halamannya yang berwarna dan berilustrasi gambar

 

Meski informasi cenderung disampaikan dengan singkat dan per poin, tapi tetap ada penjelasan-penjelasan yang bersifat ilmiah. Contohnya seperti di bawah ini.

Lobus Temporal Kiri berisi korteks auditori primer, penting untuk memproses semantik dalam percakapan dan penglihatan pada manusia. Wilayah Wernicke, yang membentang antara Lobus Temporal dan Parietal, memainkan peran penting (bersama Wilayah Broca di Lobus Frontal) dalam pemahaman percakapan. Fungsi Lobus Temporal Kiri tidak terbatas pada persepsi tingkat rendah, tetapi juga pemahaman, pemberian nama, dan ingatan verbal.

Halaman 19

Dan ada pendapat atau teori ilmiah dari berbagai ahli yang dikutip di buku ini sebagai landasan logika juga.

Definisi terkenal tentang permainan ditulis oleh John Von Neuman dan Oskar Morgenstern dalam bukunya Theory of Games and Economic Behaviour (3d ed. 1953), “Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri ataupun untuk meminimalkan kemenangan lawan”.

Bab 7

 

Materi yang disampaikan mayoritas disajikan dalam poin poin.

Barbara Prashnig dalam bukunya, The Power of Learning Style, memaparkan teori dasar tentang sumber gaya belajar beberapa mode, yaitu:

  1.    Model Visual, Audio, Kinestetis (VAK)

Dipopulerkan oleh John Grinder pada 1970-an sebagai dasar dari Neuro-Linguistic-Programming (NLP). Gaya belajar bersumber dari modalitas (indra) yang menyimpan dan memproses informasi.

  1.    Model 4MAT

Dipopulerkan oleh Bernice McCarthy pada 1980-an. Gaya belajar bersumber dari dominasi otak kanan dan otak kiri, yang memberikan wawasan mengenai cara manusia pertama kali menerima, lalu memproses informasi.

  1.    Model Dunn and Dunn

Dipopulerkan oleh Rita Dunn dan Kenneth Dunn pada 1960-an. Gaya belajar bersumber dari kondisi emosi, fisik, psikologi, sosiologi, dan lingkungan yang mendukung.

Bab 5

 

Atau berbentuk tabel

Picture : Materi yang disajikan dalam bentuk tabel

 

Ada bab yang khusus membahas metode mengajar berdasarkan MIR. Bab ini sangat bermanfaat untuk guru atau siapapun yang bertindak sebagai pengajar. Di buku ini disebutkan berbagai alternatif metode mengajar seperti bercerita, game berbaur, game berbisik, mendengarkan, dan menghafal yang tepat untuk dominan kecerdasan linguistik. Begitupun untuk kecerdasan-kecerdasan lainnya.

Bab yang membahas Jenis Permainan yang Disarankan juga menarik untuk dicatat dan disimak. Setiap permainan dijelaskan dengan cukup detail agar pembaca bisa memahami dan mempraktekkannya sendiri.

Di Bab Tentang Multiple Intelligences Research kita akan mendapatkan penjelasan singkat tentang apa MIR itu dan idealnya kapan test MIR dilakukan.

Sayangnya tidak ada secuilpun gambaran alat test MIR itu seperti apa, mungkin karena alat testnya memang rahasia dan hanya bisa dilakukan dibawah pengawasan ahli dan diterjemahkan oleh ahlinya juga.

Intinya, buku ini bisa jadi buku referensi awal untuk kita yang ingin tahu secara garis besar tentang Multiple Intelligency, tapi tidak cukup lengkap dan detail untuk jadi referensi bagi kita yang ingin tahu lebih dalam.

Bagaimanapun juga, model layoutnya memang menarik. Ini salah satu ciri buku karya Munif Chatib yang satu ini, mengingat buku lain yang beliau tulis biasanya dipenuhi penjabaran materi dalam bentuk kalimat-kalimat, misalnya buku Sekolahnya Manusia dan Orangtuanya Manusia. Tapi gaya ringan, praktis, dan menarik memang selalu jadi gaya kepenulisan Munif Chatib.

 

Siapa Munif Chatib

Munif Chatib, lahir di Surabaya 5 Juli 1969. Beliau adalah konsultan pendidikan dan penulis empat buku best-seller pendidikan, Sekolahnya Manusia, Gurunya Manusia, Sekolah Anak-Anak Juara dan Orangtuanya Manusia. Tahun 2009 Munif Chatib mencetak buku untuk pertama kalinya. Munif Chatib bertemu dan menjadi pembicara bersama gurunya Bobbi DePorter, di aula kantor kementrian pendidikan. Tahun 2011, kembali Munif Chatib meluncurkan buku keduanya yang berjudul Gurunya Manusia yang dilanjutkan dengan bedah buku seantero kota di Indonesia. Menurut Munif Chatib, jika buku Sekolahnya Manusia ibarat sebuah piring, maka isi piring tersebut adalah Gurunya Manusia.

Di tahun 2012 Bersama Bapak Alamsyah Said, Munif Chatib menulis buku ketiganya, Sekolah Anak-Anak Juara. Buku ini menunjukkan bagaimana proses pengajaran berkualitas, yaitu “bukan sebesar apa kecerdasanmu, melainkan bagaimana kau menjadi cerdas”. Dengan gaya ringan, praktis, dan menarik, buku ini mengajarkan bagaimana menjadi Sekolah The Best Output, yaitu Sekolahnya Manusia.

Bukunya yang keempat, Orangtuanya Manusia, diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini mendapat sambutan luar biasa dari para orang tua di seluruh Indonesia yang ingin mendapatkan wawasan baru bahwa setiap anak itu cerdas dan setiap anak adalah bintang. Buku ini menjadi guide bagi orangtua untuk memberikan stimulus dan lingkungan yang tepat sesuai bakat dan minat setiap anak.

Munif Chatib juga di percaya menjadi salah satu trainer Pengajar Muda Program Indonesia Mengajar dari Bapak Anis Baswedan.

Sekarang Munif Chatib masih mendalami program studi di Pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta. Sehari hari Munif  berkantor di Lazuardi-Next, Gedung SMP LAzuardi Lantai 2, Jl. Margasatwa No 39, Cilandak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dan  di Graha Kebun Agung Lantai 1 C3, Jl. Raya Margorejo Indah Kav A 131-132, Surabaya.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca yang mencari referensi buku edukasi topik Multiple Intelligencies Research secara garis besarnya saja (bukan detail). Pembaca tipe visual yang menyukai buku-buku dengan halaman warna, ilustrasi gambar, dan penjabaran materi dalam bentuk poin-poin juga cocok untuk membaca buku ini. Tidak ada gambaran sedikitpun tentang alat test MIR di buku ini, dasar ilmiah juga sangat terbatas. Maka buku ini memang diperuntukkan bagi pembaca publik karena ringan dan praktis. Apa yang disampaikan di dalam buku dapat diaplikasikan, meski ada beberapa hal dalam tujuan ditulisnya buku tampaknya belum bisa sepenuhnya tercapai, contoh: dasar grouping dan class maping.

 

My Rating : 3.5/5

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

 

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk Order Dipidiff Snack Book

 

 

 

 

Hits: 1612

TERBARU - Review Buku

Review Buku The Thursday Murder Club - R…

09-04-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Editor's Pick - Best Mystery, Thriller & Suspense on Amazon  Judul : The Thursday Murder Club A Thursday Murder Club Mystery Book 1 Penulis : Richard Osman Jenis Buku : Mystery - Amateur Sleuth...

Read more

Review Buku Disorder - Akmal Nasery Basr…

29-03-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Disorder Penulis : Akmal Nasery Basral Jenis Buku : Fiksi Ilmiah Penerbit : Penerbit Bentang Tahun Terbit : Desember 2020 Jumlah Halaman : 484 halaman Dimensi Buku : 20,5 cm Harga : Rp. 114.000 *harga...

Read more

Review Buku How to Stay Sane in an Age o…

25-03-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

  From the Booker shortlisted author of 10 Minutes 38 Seconds in This Strange World   Judul : How to Stay Sane in an Age of Division Penulis : Elif Shafak Jenis Buku : Non...

Read more

Review Buku Shine - Jessica Jung

24-03-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

  An Instant New York Times Bestseller!Editor's Pick - Best Young Adult at Amazon.com.From International K-pop Star, Jessica Jung. Judul : Shine Penulis : Jessica Jung Jenis Buku : Young Adult Romance Penerbit : Simon &...

Read more

TERBARU - Jeff's Journal

Mastering Presentation (Bagian 2) – Cara…

12-04-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Jika pada artikel sebelumnya kita belajar mengenai jenis-jenis presentasi, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat presentasi yang baik. Kita langsung saja yaa.   Tentukan Tujuan. Tentunya setiap presentasi...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 1) – Meng…

28-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pernahkah kamu ada dalam situasi yang mengharuskan kamu membuat materi presentasi, tetapi kamu merasa stuck? Pernahkah kamu hanya diberi waktu 10 menit untuk muncul dengan materi presentasi, padahal kamu belum ngapa-ngapain? Jika...

Read more

SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi…

12-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi lebih sotoy lagi –   Di tahun 1999, dua orang psikolog sosial, David Dunning dan Justin Kruger mempublikasikan sebuah studi berjudul “Unskilled and Unaware of It:...

Read more

Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah …

27-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah pelajaran tentang membangun kebiasaan –   “Cathy! Ayo cepat sikat gigi, terus mandi! Udah siang nih, nanti terlambat sekolah kamu!” terdengar teriakan seorang ibu dari balik ruangan...

Read more

A Valentine's Day Nonsensical Article

12-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Sometimes we waited too long to say what we should have Partly in the name of romance, we acted different than what we could have Eased by the phrase “a special word”...

Read more

KERJA = JODOH ?

31-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Ada yang bilang "kalau namanya sebuah kerjaan (baca: perusahaan) sudah jodohnya kita, ngga akan lari kemana."   Konsep perjodohan ini agak menarik. Bagaimana tidak, istilah yang tadinya dipakai untuk urusan rumah tangga...

Read more

Revolution, not Resolution – 5 Cara Meme…

17-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada tulisan sebelumnya, kita banyak membahas tentang bagaimana resolusi tahun baru mudah sekali gagal tidak lama setelah janji tersebut terucap. Tidak sabaran, tidak punya rencana, tidak ada mekanisme kontrol, hilangnya...

Read more

Revelation, Not Resolution – 5 Resolusi…

02-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Revelation, not Resolution – 5 Resolusi Untuk 2021, dan 5 Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal –   Kamu pasti tahu kan apa yang biasanya dilakukan saat memasuki tahun baru? Bikin resolusi! Dari yang canggih...

Read more

2020

19-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

Apakah kamu termasuk kelompok orang-orang yang lega tahun ini akhirnya berakhir? Atau masuk dalam katagori orang yang masih belum menerima kalau tahun 2020 ini begitu kacaunya? Atau mungkin kamu ada...

Read more

The Disrupted Disruption

05-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Ingatkah kalian, beberapa dekade yang lalu, ketika umat manusia masih berada dalam puncak kejayaannya dan sedang memasuki masa yang disebut sebagai era disrupsi digital? Sebentar.... Ah lupa.... rupanya belum sampai berpuluh-puluh tahun...

Read more

Rethinking Everything – The Disrupted Di…

03-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada artikel sebelumnya, kita membahas cukup banyak tentang disrupsi yang terdisrupsi. Waktu itu saya paparkan ada empat langkah yang perlu dilakukan untuk bisa survive atau bahkan menang dalam masa ini...

Read more

Orchestrate Your Action – The Disrupted …

01-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  – It takes as much energy to wish as it does to plan – Eleanor Roosevelt   Ada seorang anak muda, cerdas, belum lama lulus kuliah. Waktu itu dia bekerja di perusahaan yang...

Read more

Run, Forrest! Run! – a Disrupted Disrupt…

28-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  “...Life was like a box of chocolate, you never know what you’re gonna get” Kata-kata di atas keluar dari mulut Forrest Gump, seorang pria muda dengan IQ rendah namun baik hati...

Read more

Reinventing Yourself – a Disrupted Disru…

25-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Jadi, di masa pandemi ini kamu telah meletakkan semuanya di atas meja. Segala sesuatunya sudah dipikirkan dengan matang, mana yang akan kamu lakukan, mana yang bisa ditunda, mana yang harus...

Read more

TERBARU - POSITIVE VIBES

Apa Kabar Batik Indonesia di Masa Pandem…

24-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Batik salah satu kekayaan bangsa kita, yuk tunjuk tangan siapa yang sama bangga dan cinta dengan batik Indonesia? sayaaa... :)   Yup, hari Batik Nasional jatuh di tanggal 2 Oktober kemarin ya. Artinya...

Read more

Mengenal Batik Indonesia Lebih Dalam (Se…

22-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Berusaha membaca dan meriset tentang batik Indonesia itu ternyata seperti tertimbun di banyak sekali sumber informasi, mulai dari wikipedia, artikel lepas, tulisan blogger, ebook, berita media dan lain sebagainya. Saya...

Read more

Cara Membuat Batik (Teori dan Praktik)

20-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Setelah menyimak situasi perbatikan Indonesia dan dunia saat ini, lalu membaca-baca sejarah, makna, dan motif batik Indonesia, tentu saya jadi ingin tau lebih dalam tentang teknik membatik. Mungkin teman-teman juga...

Read more

Ceritaku Membuat Cake Batik Kukus (Bonus…

18-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Saya mendapatkan beberapa inspirasi dari komentar teman-teman di instagram @dipidiff_talks soal kontribusi dan cara kita untuk turut melestarikan batik. Keinginan belajar membatik klasik dengan canting untuk sementara ini memang harus...

Read more