0

Mengapa Ringkasan Buku Itu Penting? Tribute to Miss Buku

Published: Sunday, 19 June 2022 Written by Dipidiff

 

Pernah ga sih teman-teman merasakan suatu kebutuhan yang sebenarnya mendesak namun seringkali diabaikan? Mungkin karena rasanya kebutuhan ini sepele, atau mungkin dia tidak terasa mendesak sampe ketika waktunya tiba mendadak jadi urgen. Ini terjadi pada diri saya. Bukan sekali dua kali saya membuat ringkasan buku sendiri untuk kebutuhan nara sumber atau host sebuah acara buku. Dan ringkasan ala-ala saya ini bisa mencapai belasan halaman ^^' , butuh waktu seharian untuk menyarikan sebuah buku. Andai saya tidak sekeras-kepala ini dalam urusan buku, tentu buku itu cukup saya highlight dengan spidol, alih-alih menjaga halamannya sebersih mungkin. Bisa dibilang waktu saya habis untuk membuat ringkasan, meski aktifitas ini sebenarnya bermanfaat, namun memang terasa menyita waktu. Saya butuh book summary. Pun ketika saya harus membahas satu topik tertentu tanpa perlu menyampaikan keseluruhan buku, oh indeed, saya butuh book summary. Atau ketika saya mentok, sulit masuk ke dalam isi buku tertentu, yes definitely I need a book summary. Apakah kalian pernah mengalami pengalaman yang sama?

 

Apa itu Ringkasan Buku?

Book summary aka ringkasan buku adalah gambaran singkat tentang poin-poin utama dari sebuah buku. Tujuan ringkasan adalah untuk memberikan gambaran kepada pembaca atau pendengar tentang apa yang dibahas di buku yang bersangkutan dengan cepat.

Jadi dari definisi di atas, saya kira sudah jelas bahwa kehadiran ringkasan buku akan sangat bermanfaat bukan hanya dalam kehidupan saya, tapi juga banyak orang. *hmmm, ya ngga :D

Mari kita lihat lebih detail kegunaan ringkasan buku, yes.

 

Manfaat Ringkasan Buku

Membaca ringkasan buku alih-alih buku yang sebenarnya dapat masuk akal dalam beberapa situasi tertentu. Berikut manfaat ringkasan buku:

  1. Ringkasan dapat menunjukkan pemahaman kita tentang poin utama dari bacaan.
  2. Ringkasan adalah kumpulan poin-poin ide penting yang ada dalam bacaan. Bentuknya ringkas dan ga kebanyakan pas ditulisnya :D
  3. Meringkas membantu pekerjaan yang berhubungan dengan sekolah, seperti belajar untuk ujian atau meneliti topik untuk makalah, juga berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika kita menemukan teks tentang topik yang secara pribadi atau profesional menarik buat kita.
  4. Untuk kita si pembaca setia, ringkasan bisa membantu kita saat ingin memutuskan apakah akan menginvestasikan waktu dan uang untuk buku tersebut.
  5. Ringkasan bisa menyegarkan ingatan kita untuk buku yang sudah lama kita baca, dengan ringkasan kita bisa mengingat poin-poin penting tanpa membaca ulang keseluruhan. Ini bisa sangat berguna jika klub buku kita sedang membaca buku yang pernah kita baca sebelumnya, atau jika buku itu sedang dibuat menjadi film atau acara TV baru.
  6. Ringkasan juga dapat berfungsi sebagai pendamping untuk membaca buku lengkap, terutama jika agak padat dan rumit, meningkatkan pengalaman membaca dengan analisis dan wawasan lebih lanjut.
  7. Mungkin kita hanya benar-benar ingin mendapatkan pelajaran penting dari buku tersebut dan tidak punya waktu untuk membaca ratusan halaman detailnya. Ringkasan dapat menyaring poin-poin utama menjadi 20-30 halaman. Dan mungkin suatu hari kita akan memutuskan untuk membaca seluruh buku ketika kita memiliki lebih banyak waktu.
  8. Ringkasan buku membantu ketika kita perlu melakukan pemeriksaan cepat sehingga bisa mengingat poin-poin utama dari sebuah buku yang kita pernah baca dengan benar. Setelah kita membaca beberapa ribu buku, ingatan kita tentang buku tertentu mungkin menjadi kabur seiring waktu.
  9. Ringkasan buku membantu ketika kita perlu memilih buku yang sebanding untuk dibaca dari pilihan buku serupa. Dalam hal ini, ulasan terperinci juga dapat membantu, terutama ketika kita mencari gaya penulisan tertentu. 
  10. Ringkasan buku membantu di saat kita perlu melakukan pemeriksaan cepat terhadap plot buku (untuk fiksi) atau topik utama buku (untuk non-fiksi). Catatannya tentu saja kita perlu menyadari dalam hal ini bahwa ringkasan mungkin tidak berisi semua alur cerita (untuk fiksi) atau semua argumen utama (untuk non-fiksi).


 

Dimana Bisa Mendapatkan Ringkasan Buku?

Pertanyaan yang terlintas berikutnya setelah paham manfaat buku pastilah tentang dimana bisa mendapatkan Ringkasan Buku. Sejujurnya, saya juga bertanya-tanya. Awalnya, tiap kali membutuhkan ringkasan, saya mencari informasi ini lewat mesin pencari dan sebagai hasilnya saya terdampar di berbagai situs ringkasan buku yang beragam. Terlalu beragam hingga saya akhirnya bingung, dan menyortir beberapa tulisan juga menghabiskan waktu.

Tapi sekarang kegelisahan ini sudah usai, karena saya menemukan satu sumber untuk ringkasan buku-buku bestseller kategori non fiksi yang sering saya butuhkan di situasi-situasi yang sudah saya sebutkan di atas. Coba cek ke www.missbuku.com . Untuk detail produknya, teman-teman bisa cek banner di bawah ini ya :)

 

 

Teman-teman, Miss Buku ini sekarang sedang ada PREMIUM PACKAGE yang berisi 99+ ringkasan buku bestseller non fiksi + Audionya. Setiap pembelian premium package, 50% keuntungannya akan disumbangkan untuk pembangunan rumah belajar Bonbenan di Raja Ampat. Paket ini merupakan kolaborasi antara Miss Buku dengan Ruang Peduli.

Ini kesempatan bagus buat kita untuk turut andil dalam charity sambil dapetin Ringkasan Buku yang full benefitnya buat diri kita. Kalo saya sih ga pake lama, langsung kepoin webnya dan closing :D.

 

List Ringkasan Buku di Miss Buku

Dapat ringkasan buku apa aja sih di Paket Premium (?) Sayangnya kalo saya sebutkan semua di sini kayaknya kebanyakan ya :D. Jadi, ijinkan saya spill aja sedikit-sedikit biar teman-teman ada gambaran.

Paket premium ini terdiri dari 12 kategori.

  1. Self Growth, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Why We Sleep, Who Moved My Cheese, Tiny Habits, Think Like a Monk, Think and Grow Rich, The Power of Now, Sapiens, Grit, Atomic Habit, dan lain-lain.
  2. Productivity, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Thinking Fast and Slow, The 5 Am Club, Rework, Measure What Matters, Hyper Focus, Deep Work, dan lain-lain
  3. Negotiation, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Never Split the Difference, Influence, How to Talk with Anyone, dan lain-lain.
  4. Love/Family, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Why Men Love Bitches, The 5 Love Languages, How to Raise Successful People, dan lain-lain.
  5. Leadership, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Start with Why, Leadershift, Leaders Eat Last, Dare to Lead, dan lain-lain.
  6. Happiness/Mental Health, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain The Monk Who Sold Ferrari, The Happiness Project, 12 Rules for Life, dan lain-lain.
  7. Finance/Investment, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain The Psychology of Money, The Latte Factor, The Intelligent Investor, Rich Dad Poor Dad, dan lain-lain.
  8. Business Strategy, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Zero to One, This Is Marketing, Everyday Millionaire, Building a Story Brand, dan lain-lain.
  9. Biography/Memoir, di dalamnya terdapat beberapa ringkasan buku, antara lain Shoe Dog, Elon Musk, Educated, Becoming, dan lain-lain.
  10. (Bonus)Time Box Template,  ini isinya halaman to do list dan priorities, cakep banget desainnya, bisa kita print dan pake buat sehari-hari :)
  11. (Bonus) Short Insight, di dalamnya terdapat beberapa short insight dari buku-buku, antara lain Zero Waste, TED Talks, Lean In, dan lain-lain
  12. (Bonus) Review Buku, Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer karya Pramoedya Ananta Toer.

 

Yuk buruan order Paket Premium mumpung lagi penawaran khusus.

Teman-teman melipir juga ke webnya ya karena di sana ada info kolaborasi dengan Miss Buku, menu Gratis Ringkasan Buku (Minggu ke-28) yang isinya ringkasan Out of The Maze dan I Am Malala, Menu Join Miss Buku Book Club, dan Lowongan Volunteer Miss Buku. Wow menarik ya ^^

 

Ringkasan Buku dan Buku

Ringkasan buku tentunya tidak bisa menggantikan buku yang bersangkutan, karena kita hanya akan memahami detail kalau kita membaca bukunya, bukan ringkasannya saja. Tapi sekali lagi, ringkasan buku memiliki banyak manfaat yang bisa mendukung aktifitas membaca kita. Bagi saya membaca bukan hanya sekadar hobi, namun bagian dari proses belajar dan bertumbuh, hingga tepat kiranya untuk saya menyiapkan perangkat-perangkat pendukung aktifitas ini, salah satunya dengan mengakses Miss Buku :)

 

 

 

-------------------------------------------------------------------------

 

Dipidiff.com adalah sebuah media edukasi yang menginspirasi melalui beragam topik pengembangan diri, rekomendasi buku-buku, dan gaya hidup yang bervibrasi positif.

Dipi adalah seorang pembaca buku sejak usia 5 tahun. Ia membaca buku-buku fiksi maupun non fiksi. Dipi host di dua program di nbsradio.id (radio di Bandung yang beraliansi resmi dengan VOA). Podcast Dipi bisa diakses di Spotify DipidiffTalks. Dipi menulis di blognya dipidiff.com , dan tulisan-tulisan review bukunya menjadi entry di halaman pertama mesin pencari Google. Saat ini dipi adalah ambassador untuk Periplus Bandung dan berafiliasi dengan Periplus Indonesia di beberapa event literasi. Dipi bisa dijumpai juga di instagram @dipidiffofficial. Dipi diundang oleh berbagai komunitas dan lembaga pendidikan untuk berbagi topik membaca, menulis, mereview buku, public speaking, dan pengembangan diri, misalnya di Universitas Negeri Semarang, LP3i, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, English Star Bandung, The Lady Book Club, Buku Berjalan.id, SMAN 24 Bandung, SMAN 22 Bandung, dan lain-lain. Passionnya yang lain terkait dengan bidang pendidikan dan memanggang kue-kue. Dia mengembangkan bisnis kecilnya, bernama Dipidiff Official Store, sambil tetap sibuk menjadi ibu satu anak dan meng-coaching-mentoring beberapa remaja dan dewasa muda di Growth Tracker Program, ini adalah program pribadi, yang membantu (terutama) remaja dan dewasa muda untuk menemukan passion dan mengeluarkan potensi mereka. Dipidiff adalah Personal Brand-nya.

Let's encourage each other to shape a better future through education and book recommendation

Contact Dipidiff at This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

 

 

 

 

 

 

 

TERBARU - Review Buku

Review Buku Shoe Dog - Phil Knight

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  #1 NEW YORK TIMES BESTSELLER.A Memoir by the Creator of Nike. Judul : Shoe Dog Penulis : Phil Knight Jenis Buku : Autobiography Penerbit : Simon and Schuster Ltd Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku The Psychology of Stupidity …

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

    The Number One International Bestseller   Judul :The Psychology of Stupidity Explained by Some of the World's Smartest People Penulis : Jean-François Marmion Jenis Buku : Medical Social Psychology & Interaction, Popular Social Psychology & Interactions...

Read more

Review Buku Januari & Kesunyian Lain…

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Januari & Kesunyian Lain Dalam Tubuhku Penulis : Diondexon Jenis Buku : Puisi, senandika Penata Letak: Dionisius Dexon Penyunting: Tim One Peach Media Pendesain Sampul: Dionisius Dexon Penerbit : One Peach Media Tahun Terbit : Februari...

Read more

Review Buku Anne of Green Gables (Wordsw…

19-07-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Read the timeless classic about the beloved Anne Shirley, a red-haired orphan with a fiery spirit. Now on Netflix   Judul : Anne of Green Gables Penulis : Lucy Maud Montgomery Jenis Buku : Children’s...

Read more

TERBARU - Jeff's Journal

Lima Hal yang harus Dipersiapkan Sebelum…

17-10-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Akhir-akhir ini, di Amerika Serikat sedang nge-tren sebuah istilah yang namanya The Great Resignation. Terjemahan bebasnya kira-kira “Pengunduran Diri Besar-besaran”. Entah kenapa kalau Amerika Serikat yang memberikan nama, biasanya selalu...

Read more

Tentang Caranya Mengelola Waktu

11-08-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    “Seandainya masih ada waktu...” Berani taruhan, diantara kita, pasti pernah berkomentar seperti di atas, atau yang mirip-mirip, minimal sekali seumur hidup. Waktu merupakan satu-satunya sumber daya yang tidak dapat diproduksi ulang. Apa...

Read more

Mencari Panutan

24-07-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  “Gue nge-fans sama Michelle Obama.” Kata seorang sahabat saya beberapa waktu lalu ketika mantan Ibu Negara Amerika Serikat itu meluncurkan bukunya yang berjudul Becoming. “Kalau gue baca bukunya Michelle karena pengen...

Read more

Kerja Keras vs Kerja Keras

13-07-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Jack Ma, salah satu orang terkaya di Tiongkok dan dunia, pernah mengemukakan sebuah hal yang cukup kontroversial beberapa waktu lalu. Ma mendukung penerapan sistem kerja 996, sebuah sistem kerja yang...

Read more

GENERALIST vs SPECIALIST

23-06-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Mari memulai diskusi ini dengan sebuah ilustrasi. Anggaplah kita sedang di perjalanan untuk berlibur ke sebuah negara di belahan dunia lain. Di tengah perjalanan, nasib naas menerpa kita, dan akhirnya kita...

Read more

Apa sih yang Harus Saya Miliki di Usia 2…

07-06-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada artikel sebelumnya, kita bersama-sama belajar tentang apa yang perlu kita miliki di usia 25 tahun, dari sisi pola pikir (mindset). Diantaranya kita harus mempunyai pemikiran yang mau selalu terus...

Read more

Apa sih yang Harus Saya Miliki di Usia 2…

22-05-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Akhir-akhir ini marak pembahasan di sosial media mengenai apa yang harus kita capai di usia 25 tahun. Bermula dari sebuah konten di twitter yang bertuliskan ‘usia 25 tahun idealnya punya...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 4) – Ala…

09-05-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

      Sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai Mastering Presentation. Pada artikel terakhir ini, mari kita ulas sedikit tentang alat bantu dalam melakukan presentasi. Ketika kita berbicara mengenai alat bantu dalam presentasi, perlu...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 3) – Cara…

25-04-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada dua artikel sebelumnya kita membahas tentang jenis dan gaya presentasi. Kedua hal ini mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam membuat presentasi yang lebih baik dari sebelumnya. Nah untuk bagian ketiga...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 2) – Cara…

12-04-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Jika pada artikel sebelumnya kita belajar mengenai jenis-jenis presentasi, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat presentasi yang baik. Kita langsung saja yaa.   Tentukan Tujuan. Tentunya setiap presentasi...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 1) – Meng…

28-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pernahkah kamu ada dalam situasi yang mengharuskan kamu membuat materi presentasi, tetapi kamu merasa stuck? Pernahkah kamu hanya diberi waktu 10 menit untuk muncul dengan materi presentasi, padahal kamu belum ngapa-ngapain? Jika...

Read more

SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi…

12-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi lebih sotoy lagi –   Di tahun 1999, dua orang psikolog sosial, David Dunning dan Justin Kruger mempublikasikan sebuah studi berjudul “Unskilled and Unaware of It:...

Read more

Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah …

27-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah pelajaran tentang membangun kebiasaan –   “Cathy! Ayo cepat sikat gigi, terus mandi! Udah siang nih, nanti terlambat sekolah kamu!” terdengar teriakan seorang ibu dari balik ruangan...

Read more

A Valentine's Day Nonsensical Article

12-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Sometimes we waited too long to say what we should have Partly in the name of romance, we acted different than what we could have Eased by the phrase “a special word”...

Read more

KERJA = JODOH ?

31-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Ada yang bilang "kalau namanya sebuah kerjaan (baca: perusahaan) sudah jodohnya kita, ngga akan lari kemana."   Konsep perjodohan ini agak menarik. Bagaimana tidak, istilah yang tadinya dipakai untuk urusan rumah tangga...

Read more

Revolution, not Resolution – 5 Cara Meme…

17-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada tulisan sebelumnya, kita banyak membahas tentang bagaimana resolusi tahun baru mudah sekali gagal tidak lama setelah janji tersebut terucap. Tidak sabaran, tidak punya rencana, tidak ada mekanisme kontrol, hilangnya...

Read more

Revelation, Not Resolution – 5 Resolusi…

02-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Revelation, not Resolution – 5 Resolusi Untuk 2021, dan 5 Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal –   Kamu pasti tahu kan apa yang biasanya dilakukan saat memasuki tahun baru? Bikin resolusi! Dari yang canggih...

Read more

2020

19-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

Apakah kamu termasuk kelompok orang-orang yang lega tahun ini akhirnya berakhir? Atau masuk dalam katagori orang yang masih belum menerima kalau tahun 2020 ini begitu kacaunya? Atau mungkin kamu ada...

Read more

The Disrupted Disruption

05-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Ingatkah kalian, beberapa dekade yang lalu, ketika umat manusia masih berada dalam puncak kejayaannya dan sedang memasuki masa yang disebut sebagai era disrupsi digital? Sebentar.... Ah lupa.... rupanya belum sampai berpuluh-puluh tahun...

Read more

Rethinking Everything – The Disrupted Di…

03-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada artikel sebelumnya, kita membahas cukup banyak tentang disrupsi yang terdisrupsi. Waktu itu saya paparkan ada empat langkah yang perlu dilakukan untuk bisa survive atau bahkan menang dalam masa ini...

Read more

Orchestrate Your Action – The Disrupted …

01-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  – It takes as much energy to wish as it does to plan – Eleanor Roosevelt   Ada seorang anak muda, cerdas, belum lama lulus kuliah. Waktu itu dia bekerja di perusahaan yang...

Read more

Run, Forrest! Run! – a Disrupted Disrupt…

28-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  “...Life was like a box of chocolate, you never know what you’re gonna get” Kata-kata di atas keluar dari mulut Forrest Gump, seorang pria muda dengan IQ rendah namun baik hati...

Read more

Reinventing Yourself – a Disrupted Disru…

25-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Jadi, di masa pandemi ini kamu telah meletakkan semuanya di atas meja. Segala sesuatunya sudah dipikirkan dengan matang, mana yang akan kamu lakukan, mana yang bisa ditunda, mana yang harus...

Read more

TERBARU - POSITIVE VIBES

Mengapa Ringkasan Buku Itu Penting? Trib…

19-06-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Pernah ga sih teman-teman merasakan suatu kebutuhan yang sebenarnya mendesak namun seringkali diabaikan? Mungkin karena rasanya kebutuhan ini sepele, atau mungkin dia tidak terasa mendesak sampe ketika waktunya tiba mendadak...

Read more

10 Tips Mengatasi Kesepian

05-12-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Apakah kamu akhir-akhir ini merasa kesepian? Rasa sepi ini ga cuma hadir saat sendiri, tapi juga di tengah keramaian, atau bahkan saat bersama orang-orang terdekat. Ada sebuah rasa hampa yang...

Read more

Apa Kabar Batik Indonesia di Masa Pandem…

24-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Batik salah satu kekayaan bangsa kita, yuk tunjuk tangan siapa yang sama bangga dan cinta dengan batik Indonesia? sayaaa... :)   Yup, hari Batik Nasional jatuh di tanggal 2 Oktober kemarin ya. Artinya...

Read more

Mengenal Batik Indonesia Lebih Dalam (Se…

22-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Berusaha membaca dan meriset tentang batik Indonesia itu ternyata seperti tertimbun di banyak sekali sumber informasi, mulai dari wikipedia, artikel lepas, tulisan blogger, ebook, berita media dan lain sebagainya. Saya...

Read more

Cara Membuat Batik (Teori dan Praktik)

20-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Setelah menyimak situasi perbatikan Indonesia dan dunia saat ini, lalu membaca-baca sejarah, makna, dan motif batik Indonesia, tentu saya jadi ingin tau lebih dalam tentang teknik membatik. Mungkin teman-teman juga...

Read more