0

Review Buku The Whole Truth - Cara Hunter

Published: Tuesday, 16 November 2021 Written by Dipidiff

 

 

The New 'impossible to predict' Detective Thriller from the Richard and Judy Book Club Spring 2021 (DI Fawley)

The New Up-All-Night Thriller from the Sunday Times Bestseller Cara Hunter, Perfect for Fans of Line of Duty

 

Judul : The Whole Truth

Penulis : Cara Hunter

Jenis Buku : Detective Mystery

Penerbit : Penguin Books

Tahun Terbit : April 2021

Jumlah Halaman : 432 halaman

Dimensi Buku :  19.70 x 12.80 x 3 cm

Harga : Rp. 168.000 *harga sewaktu-waktu dapat berubah

ISBN : 9780241985137

Paperback

Edisi Bahasa Inggris

Available at PERIPLUS BANDUNG Bookstore (ig @Periplus_setiabudhi, @Periplus_husein1 , @Periplus_husein2)

 

 

Sekelumit Tentang Isi

DI Adam Fawley kembali hadir bersama timnya. Kasus yang mereka hadapi awalnya adalah kasus pengaduan pelecehan seksual yang dilakukan seorang profesor ke mahasiswa bimbingannya. Yang menarik di sini adalah si terduga pelaku ternyata seorang wanita, dan yang dilecehkan adalah mahasiswa laki-laki dengan tubuh sehat bugar dan lebih kekar dari si profesor wanita. Kasus ini ditangani Fawley lebih disebabkan karena orang-orang yang terlibat punya nama dan pengaruh. Tapi tak lama kemudian, ada kasus menghilangnya seorang wanita, yang kemudian ditemukan dibunuh dengan sadis. Tak hanya sampai di situ, situasi semakin kalut karena Gavin Perrie (penjahat yang dulu memerkosa istri Fawley) kini dibebaskan dari hukuman dan berencana membalas dendam. Alex (istri Adam Fawley) sedang hamil tua. Kondisinya yang lemah diperparah ketakutannya pada teror Gavin. Lalu Adam Fawley ditangkap dengan tuduhan membunuh. Benarkah dia pelaku pembunuhan itu?

 

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

Selalu suka dengan disain sampul berwarna hitam merah, terutama kalo ini genrenya thriller, rasanya pas banget karena mencerminkan kengerian kasus-kasus kejatahatan dalam cerita. Saya duga gambar pada cover adalah segelas sampagne, yang agak membuat saya bingung dimana kaitan minuman itu pada cerita. Samar-samar saya teringat barangkali ini ada hubungannya dengan kasus pelecehan profesor ke mahasiswanya, mereka minum-minum bersama sebelum terjadi peristiwa itu. Kalo memikirkan kaitan gambar itu dengan isi cerita, saya rasanya agak menyayangkan, karena ada kesan seolah-olah ini salah gambar ilustrasi ^^'

Sejauh ini, keliatannya tidak ada buku edisi lain dengan disain sampul yang berbeda.

 

Tokoh dan Karakter

Marina Imogen Fisher, profesor yang dituduh melakukan pelecehan ke mahasiswanya. Dia cantik, populer, memiliki posisi tinggi, dan kaya.

Tobin, anak Marina yang menjadi saksi saat peristiwa terjadi. Namun karena usianya yang masih kecil, kesaksiannya diragukan.

Caleb Owen Morgan, mahasiswa bertubuh atletis yang melaporkan tindak pelecehan.

Gavin Parrie, kini bebas dari penjara setelah bertahun-tahun mendekam di balik jeruji dan polisi yang memasukkan ke sana adalah Adam Fawley.

Freya Hughes, kekasih Caleb yang mendorongnya untuk melaporkan kasus pelecehan.

DI Ruth Gallagher, menggantikan posisi Adam Fawley setelah Adam resmi menjadi tersangka.

Alex, istri Adam Fawley yang juga salah satu korban kejahatan Gavin Parrie. Alex sedang hamil tua dan dia mencemaskan Gavin Parrie yang berniat balas dendam.

Adam Fawley, mengkhawatirkan istrinya yang sedang hamil tua. Tanpa sepengetahun istrinya, dia menemui Emma.

 

Satu hal yang saya rasakan di buku seri yang ini adalah karakter Adam Fawley yang tidak ditonjolkan kecerdikannya oleh Cara Hunter. Meski selalu ada bagian-bagian utama dalam buku yang menggunakan sudut pandang Adam Fawley, tapi dalam kerangka cerita, peran Fawley tidak begitu dominan. Dia bahkan menjadi tersangka dalam kasus yang ada. Tentu saja ini mungkin akan membuat pembaca merasa greget seperti saya. Benarkah Adam Fawley bersalah? Nah, teman-teman harus baca sendiri bukunya ya.

Lalu siapa yang menjadi protagonis utama pemecah kasus? Para anggota tim Fawley yang menyelesaikan kasus. Tentu saja dengan dinamika karakter mereka. Lagi-lagi saya suka dengan tokoh Ruth Galagher, sama seperti di seri sebelumnya, All the Rage, dia figur pemimpin wanita yang berkharisma. Alex juga memainkan peran penting di buku ini. Oh iya, ada satu tokoh yang baru saya tau di buku ini, dan tokoh ini menyebalkan dan bikin emosi ^^'

Untuk antagonis, saya tidak akan bahas karena spoiler, yang pasti mereka pembunuh yang sakit jiwa. 

Buku seri Adam Fawley yang saya tau selalu punya keutamaan karakter tokoh yang kuat. 

 

Deskripsi fisik tokoh terutama ditekankan pada tokoh-tokoh baru yang ada di buku ini. Sedangkan untuk tokoh-tokoh yang biasa ada di serinya, hanya disebutkan sekilas-sekilas saja. Di bawah ini deskripsi fisik tokoh Marina Imogen, profesor yang dituduh melakukan pelecehan. 

She has quite a presence, even in this large room. She's not especially tall, but she has poise, no question, and she carries herself with confidence - enough confidence to get away with not just the mini-length sundress but a straw fedora and calf-high gladiator sandals, both of which would be getting some serious eye-rolling from Alex if she were here. The look is in stark contrast with the crisp professional images on the stairs, but evidently Fisher's personal style is a good deal less buttoned-up when she's not on public show. There are auburn streaks in the long blonde bob and her make-up is flawless, even in this heat. So much so that, from where I'm sitting, she looks scarcely twenty-five.

Page 49

 

Alur dan Latar

Alur berjalan maju teratur dengan sentuhan misteri yang sudah terasa bahkan sejak awal cerita. Kalaupun ada rasa flashback, itu akibat halaman diary korban yang diungkap di akhir-akhir cerita. Kalo diliat dari sisi ini, memang ada semacam kesan alurnya jadi kombinasi maju mundur tidak teratur.

Konflik The Whole Truth bukan melulu soal pembunuhan, tapi para tokoh juga menghadapi konflik internal masing-masing sehingga para tokoh terasa hidup dan dinamis. Dengan konflik yang berlapis seperti ini, besar harapan saya buku kelima Cara Hunter bisa memberikan satu pengalaman baca yang berkesan. Dan apakah benar demikian? Jawabannya adalah ya ^^

Sudut pandang penceritaan menggunakan POV satu yakni Adam dan satu tokoh lagi yang tidak bisa saya sebutkan namanya. Lalu ada pula pov ketiga.

Endingnya agak terbuka untuk kasus pertama (pelecehan) dan tertutup untuk kasus kedua, dan jujur karena itulah saya ingin ada penyelesaian yang lebih dalam terkait profesor yang dituduh melakukan pelecehan ke mahasiswanya dan berharap ada korelasi yang lebih kuat antara kasus tersebut dengan kasus terbunuhnya Emma.

Untuk latar, novel The Whole Truth mengambil setting di Oxford area dengan lokasi Universitas Oxford, rumah-rumah, kantor kepolisian, dan lain-lain. Ruang interogasi tentu saja masuk hitungan, meski deskripsi fisik samar dan lebih menonjolkan latar suasananya, yang mana menurut saya 'tetap asyik'. Deskripsinya detail, misalnya latar rumah Marina Imogen yang mewah.

There are black-and-white framed pictures all the way. It's like those documentaries about 10 Downing Street, with a full deck of prime ministers going up the stairs. Only here, the pictures are all of the same person. Marina Fisher doesn't just blow her own trumpet, she toots a whole brass section. There are two portraits of her in doctoral robes (I'm assuming one of those must be honorary, but hey, what do I know), one shot of a Newsnight panel, one that looks like her doing a TED Talk and another on stage with the Vice-Chancellor and Theresa May. With each picture I pass the stakes inch up. And not just for her.

The sitting room spans the whole depth of the house. Tall front sashes with long muslin curtains shifting gently in the rising heat. Stripped floors, deep ochre velvet sofas and on one wall, a huge canvas of swirling koi carp that's halfway to abstract - flickering blues and oranges and eddying yellows. You can almost see the water churning. To the rear, the windows look over a small but immaculate courtyard garden, with flowering shrubs elegantly arranged in terracotta pots. The boy must have a playroom somewhere else because there is not a toy or a mess in sight. The house whispers calm and grace and order. And screams money. Lots and lots of money.

Page 44

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Saya suka Cara Hunter sejak baca bukunya yang berjudul All the Rage. Saya juga membaca novel lainnya yang No Way Out dan In the Dark. Dan tahun ini ketika Hunter publish novel baru, saya auto-buy. Yang saya tau, Cara Hunter tadinya sama sekali tidak terpikirkan untuk membuat buku seri. Namun setelah menyelesaikan Close to Home, Hunter kemudian menemukan tulisan berikutnya yang ternyata memperdalam tokoh-tokoh yang ada di buku pertamanya. Sampai di titik itu, dia menulis tanpa berharap banyak naskahnya akah dipublish sebagai buku seri, hingga kemudian penerbit Penguin mengontaknya dan mengatakan bahwa mereka menginginkan buku-buku Cara Hunter tersebut. Luar biasa yaaa ^^

Mengikuti sebuah buku seri itu senangnya ketika kita bisa tau perkembangan kisah para tokohnya yang berkelanjutan dari buku-buku. Seperti halnya buku ini, dulu waktu saya baca All the Rage, Alex dan Adam Fawley sedang dalam kondisi mental breakdown sepeninggal putra mereka, dan di buku The Whole Truth, Alex ternyata sedang hamil tua. Ada rasa turut senang dengan kabar ini, padahal mereka tokoh fiksi. Di sisi lain, kondisi Alex ternyata secara emosional tidak begitu stabil. Dia merasa cemas karena Gavin Parrie kini bebas dari tahanan, dan Alex curiga ada orang yang memata-matai gerak-geriknya. Saya jadi ikut cemas juga jadinya.

There's a man in the driver's seat, with a baseball cap pulled down low over his eyes.

It doesn't matter how many times people tell her that Gavin Perrie will be miles away, that he'll be strictly monitored, under electronic curfew, she still see him on every corner, in every van, in every shadowed and half-glimpsed face.

Because he knows. And one day - maybe not today, maybe not this week or this month or this year - but one day, he's going to find her, and he's going to make her pay for what she did.

It's 30 degrees but she s shivering suddenly, her hot shirt iced with sweat.

Page 28



What's new? Barangkali itu salah satu pertanyaan yang kerap kita lontarkan terhadap buku terbaru dari penulis yang kita 'kenal' baik karya-karya sebelumnya. Dan itu pertanyaan saya buat buku ini ☺.

Dari penokohan, tentu ada beberapa tokoh baru terkait kasus yang digarap tim Adam Fawley, misalnya Emma, Caleb, dan Zoe. Saya juga menemukan halaman info tokoh di bagian depan yang seingat saya tidak ada di novel-novel sebelumnya. Ini bagian yang membantu sekali, karena dalam waktu singkat saya jadi bisa mengingat ulang tokoh-tokoh dalam cerita, terutamanya tim DI Fawley, misalnya Gislingham, Quinn, Somer, Everett, dan Baxter. Saya kira juga, halaman ini akan membantu para pembaca yang baru pertama kali menyimak buku seri Adam Fawley supaya bisa segera masuk ke dalam cerita, karena terus terang saja jumlah tokoh cerita memang cukup banyak, dan saya yakin akan ada pembaca yang kebingungan, apalagi kalau belum pernah membaca buku seri Adam Fawley sebelumnya.

Picture: Halaman pengenalan tokoh cerita



Seperti buku-buku sebelumnya, karakter para tokoh di The Whole Truth jelas dan hidup, mereka juga punya permasalahan yang dielaborasi makin dalam oleh Cara Hunter, dinamis selayaknya sebuah buku seri, misalnya Alex yang kini hamil, Quinn yang punya kekasih, dan Somer yang tertekan dalam hubungan cintanya. Tapi di antara semua itu, tokoh yang paling menarik untuk diteropong adalah DI Adam Fawley. Fyi, tingkahnya greget banget di buku ini, bikin saya gemes dan putus asa, tapi juga berempati. Khusus Everett, persoalan keluarga yang berkaitan dengan ayahnya yang kini masuk ke kondisi Alzheimer juga sempat diceritakan dalam buku, namun hingga akhir tidak ada kemajuan yang signifikan untuk topik ini.

"We don't have full-time medical staff. We wouldn't be able to cope -"

"If it got worse - yes, I know. You told me."

Baylis gives her a long look, not unkindly. "It's not a case of if, Miss Everett. It's a case of when. Alzheimer's always wins in the end."

Ev's throat is suddenly tight with tears.

'I know," say says after a moment, her voice betraying her. "I do know that, I just want - I just want him to be somewhere normal for as long as he can. Somewhere that feels as much as possible like home."

...

Page 91

Internal problem yang dialami tokoh membuat kita pembaca merasa mengenal tokoh dengan lebih dekat ya. Mereka juga terasa manusiawi karena polisi juga ternyata manusia yang memiliki problematika kehidupan di luar urusan penegakan hukum. Hanya saja, topik-topik ini menurut saya menggantung di akhir buku, karena tidak ada ending yang pasti untuk situasi yang dihadapi para tokoh seperti Somer dan Ev. Keliatannya progressnya akan ditulis Cara Hunter di buku selanjutnya.



Ada halaman diary korban yang diekspos di buku ini. Mungkin akan agak membingungkan ketika harus membedakan ini halaman diary atau halaman sedang berubah menjadi pov 1 Emma (korban pembunuhan). Tapi kalau dibaca dengan seksama, mestinya bisa membedakan. Coba cek dua kutipan yang saya tampilkan di bawah, dan analisa mana yang diary dan mana yang bukan.

4.14 pm Saturday

It's happened again. Just now. He was out there. I was upstairs and when I looked out of the window there he was, down the road. Too far away to see his face. He always makes damn sure of that. Just sitting there, behind the wheel. No one does that, no one normal anyway. I went straight back downstairs but by the time I got to the door he was gone.

I told myself I'd imagined it. That I'm just being paranoid and overreacting. That there's some perfectly logical explanation - some bloke innocently checking his phone or looking at a map. But I know what I saw.

Page 41

 

How long has he been planning this?

She struggles again, trying to dislodge the gag, loosen her wrists, her ankles. Whatever he's tied her with is soft against her skin but wire underneath. It will not move.

She can hear him now, in the bathroom, in the bedroom. The jangle of hangers, the slide of drawers. Fingering her things with those horrible latex gloves. He was in here earlier, laughing to himself.

Reading her diary - laughing at his own cleverness - seeing just how pathetic she is, how stupid, how scared.

She has no idea who this man is, but he's been three steps ahead of her right from the start.

And now --

Now it's too late

Page 388

 

Jarang-jarang saya menemukan sebuah prolog yang 'polos' model begini. Tidak ada narasi, karena yang ditampilkan adalah gambar chat beberapa tokoh yang bahkan entah siapa. Ini memicu rasa penasaran, dan kelak ketika sudah menamatkan bacaan, baru kita bisa paham apa makna chat tersebut.

Picture: Prolog pada buku

 

Ada satu kekhasan lagi di buku-bukunya Adam Fawley, yaitu ketiadaan chapter yang jelas. Narasi seorang melaju begitu saja dan berganti pov, waktu, atau latar. Lalu bagaimana cara kita untuk bisa memahami konteks cerita. Tentu ada tanda transisi di antara pergantian itu, biasanya tanda tiga bintang. Bagian yang bersudut pandang satu Adam Fawley biasanya ditandai dengan pencantuman namanya kemudian tanggal, tahun, dan jam kejadian. Nanti teman-teman cek sendiri di bukunya ya ;)

Suka novel detektif yang ada detail investigasinya? Kalo jawabannya 'Ya', berarti wajib nyoba baca novel ini. Bagi yang penasaran dengan police procedural, di sini ada science forensic, autopsy, gathering evidence, search warrant, interrogation, dan legal restriction. Menurut saya, buku ini masuk kategori rinci untuk urusan investigasi, bahkan ada gambar yang ditampilkan, juga tabel laporan awal investigasi. Cocok banget buat pembaca yang suka ikut menganalisa siapa pembunuh dalam cerita.

Picture: Halaman detail investigasi di dalam buku.

Kiri: Laporan pemeriksaan tubuh Caleb Morgan.

Kanan: Tabel laporan investigasi awal

 

Untuk proses wawancara, dari dulu buku-buku seri Adam Fawley selalu menampilkan percakapan pihak polisi dengan saksi atau tersangka. Bagian ini biasanya dibedakan dengan penggunaan jenis huruf tertentu. Contohnya seperti foto yang saya tampilkan di bawah ini.

Dalam salah satu wawancaranya dengan media, Cara Hunter mengatakan kalo dia memang memiliki semacam tim penasihat profesional yang luar biasa, salah satunya adalah DI Andy Thompson yang bertugas di Thames Valley. Thompson memastikan Hunter untuk menuliskan semua prosedural dengan benar. Hunter juga menceritakan betapa sulit baginya untuk menarasiukan proses ketika seorang saksi berubah menjadi tersangka dan harus ditangkap. Selain Andy Thompson, Cara Hunter juga memiliki penasihat forensik yang handal, Joey Giddings. Wow! Setelah tau ini, saya jadi ga heran betapa rincinya police procedural di buku-buku Cara Hunter

 

Picture:

DK: Let's go back to the stalker.

AF: I've already explained about that.

DK: Not to me, you haven't.

AF: (pause, then slowly). I asked her for details of the incidents, and then I talked through any likely suspects

...

Page 236


Buku-buku Cara Hunter itu punya unsur visual. Dan dari awal, memang poin ini yang membuat karya-karya Cara Hunter itu unik di mata saya. Especially DI Adam Fawley series. Visual yang saya maksud di sini bisa berupa berita di koran, cuitan di twitter, percakapan applikasi text, dan kalo tidak salah ingat baru di The Whole Truth ada Podcast True Crime juga. Di satu sisi saya pikir ini menjadi pembeda buku-buku Hunter dengan penulis lainnya, tapi bisa jadi akan ada pembaca yang bosan dengan tampilan ini karena memang selalu ada di tiap buku seri Adam Fawley, apalagi katanya format seperti ini menyulitkan pembaca yang menggunakan versi e book kindle.

Picture: Kanan: Podcast True Crime, Tengah: surat kabar dan cuitan di twitter, Kiri: Percakapan chat



Buat yang suka ikutan menebak sambil membaca, novel yang ini juga menjabarkan fakta-fakta kasusnya, termasuk sebuah catatan penting yang dibuat oleh Alex (istri Adam Fawley) yang nanti menjadi salah satu kunci penyelesaian konflik. Petunjuk-petunjuk juga sudah disebar dari awal. Kalo kalian suka ikut menganalisa kasus, catatan yang dibuat Alex yang fotonya saya tampilkan di bawah ini asyik sekali buat ditelaah.

Picture: Catatan Alex

 

The Whole Truth menyampaikan pesan cerita tentang keberanian, kesetiaan, dan saling percaya, yang mana berkesan di hati saya sebagai pembaca. Menurut saya, The Whole Truth adalah buku seri Adam Fawley yang paling emosional. Dengan ini saya juga menyatakan diri saya untuk terus mengikuti buku seri DI Adam Fawley berikutnya, plus menunggu buku stand alone dari Cara Hunter yang katanya ingin dia tulis juga selain melanjutkan seri Fawley. Can't wait! ^^

 

Siapa Cara Hunter 

Cara Hunter adalah nama pena seorang novelis Inggris. Cara lulus dari Universitas Oxford dengan gelar dan PhD dalam bahasa Inggris. Ia penulis novel kriminal terlaris Sunday Times Close to Home, In the Dark, No Way Out dan All the Rage, semuanya menampilkan DI Adam Fawley dan tim polisinya yang berbasis di Oxford. Close to Home adalah buku pilihan Richard and Judy Book Club dan terpilih untuk Crime Book of the Year di British Book Awards 2019. No Way Out dipilih oleh Sunday Times sebagai salah satu dari 100 novel kriminal terbaik sejak 1945. Novel Cara terjual lebih dari satu juta kopi di seluruh dunia, dan hak TV untuk serial tersebut kini telah diakuisisi oleh grup Fremantle. Dia tinggal di Oxford, di jalan yang tidak berbeda dengan yang ditampilkan dalam buku-bukunya. Cara berspesialisasi dalam genre fiksi kejahatan dan seri pertamanya menampilkan seorang inspektur detektif yang tinggal dan memecahkan kasus di area yang mirip dengan miliknya.

Cara Hunter merilis buku pertamanya pada tahun 2017. Close to Home adalah angsuran pertama dari seri yang menampilkan karakter utama Adam Fawley. Fawley adalah seorang inspektur detektif yang selalu mencoba yang terbaik untuk menyelesaikan kasus, tidak peduli seberapa jahatnya. Serial tersebut dilanjutkan dengan diterbitkannya sekuel dari serial ini yang bertajuk In the Dark, lalu menyusul buku ketiganya yang berjudul No Way Out.

Sumber: bookseriesinorder. com

 

DI Adam Fawley Series:

Close to Home (2018)

In the Dark (2019)

No Way Out (2019)

All The Rage (2019)

The Whole Truth (2021)

Sumber: Goodreads

 

Rekomendasi

Novel ini saya rekomendasikan kepada para pembaca yang mencari novel detektif misteri yang detail proses investigasinya. Sebuah buku dari seri Adam Fawley yang bisa dibaca stand alone, namun membaca buku-buku sebelumnya tentunya akan lebih membuat pembaca bisa memahami karakter para tokoh dengan lebih baik. Tim Adam Fawley memang terdiri dari beberapa orang, ditambah tokoh kepolisian lainnya yang dilibatkan dalam kasus karena spesifikasi dan tujuan tertentu, plus tokoh tersangka, dan lain-lain, membuat jumlah total tokoh cerita menjadi cukup banyak. The Whole Truth adalah novel yang emosional, ada kengerian, rasa penasaran, greget, tension, juga duka serta haru. Plotnya kombinasi begitupun povnya yang berganti-ganti. Ada gambar-gambar visual yang menarik seperti cuitan twitter, berita di koran, lembar penyelidikan, hingga podcast true crime. Buku ini tidak mengedepankan kesadisan proses pembunuhan, tapi fokus pada cekaman misteri dan emosinya. Untuk tau lebih detail, silakan baca langsung buku The Whole Truth ^^.

 

-------------------------------------------------------------------------

 

Dipidiff.com adalah sebuah media edukasi yang menginspirasi melalui beragam topik pengembangan diri, rekomendasi buku-buku, dan gaya hidup yang bervibrasi positif.

Dipi adalah seorang pembaca buku sejak usia 5 tahun. Ia membaca buku-buku fiksi maupun non fiksi. Dipi host di dua program di nbsradio.id (radio di Bandung yang beraliansi resmi dengan VOA). Podcast Dipi bisa diakses di Spotify DipidiffTalks. Dipi menulis di blognya dipidiff.com , dan tulisan-tulisan review bukunya menjadi entry di halaman pertama mesin pencari Google. Saat ini dipi adalah ambassador untuk Periplus Bandung dan berafiliasi dengan Periplus Indonesia di beberapa event literasi. Dipi bisa dijumpai juga di instagram @dipidiffofficial. Dipi diundang oleh berbagai komunitas dan lembaga pendidikan untuk berbagi topik membaca, menulis, mereview buku, public speaking, dan pengembangan diri, misalnya di Universitas Negeri Semarang, LP3i, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, English Star Bandung, The Lady Book Club, Buku Berjalan.id, SMAN 24 Bandung, SMAN 22 Bandung, dan masih banyak lagi. Passionnya yang lain terkait dengan pendidikan dan kue-kue. Dia mengembangkan bisnis kecilnya, bernama Dipidiff Snack Book - Dipidiff Official Store, sambil tetap sibuk menjadi ibu satu anak dan meng-coaching-mentoring beberapa remaja dan dewasa muda di Growth Tracker Program, ini adalah program pribadi, yang membantu (terutama) remaja dan dewasa muda untuk menemukan passion dan mengeluarkan potensi mereka. Dipi pensiun dari bekerja di universitas dan menikmati waktunya di lembaga pelatihan. Dipidiff adalah Personal Brand-nya. 

Let's encourage each other to shape a better future through education and book recommendation

Contact Dipidiff at This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

 

 

 

TERBARU - Review Buku

Review Buku Shoe Dog - Phil Knight

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  #1 NEW YORK TIMES BESTSELLER.A Memoir by the Creator of Nike. Judul : Shoe Dog Penulis : Phil Knight Jenis Buku : Autobiography Penerbit : Simon and Schuster Ltd Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku The Psychology of Stupidity …

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

    The Number One International Bestseller   Judul :The Psychology of Stupidity Explained by Some of the World's Smartest People Penulis : Jean-François Marmion Jenis Buku : Medical Social Psychology & Interaction, Popular Social Psychology & Interactions...

Read more

Review Buku Januari & Kesunyian Lain…

01-08-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Januari & Kesunyian Lain Dalam Tubuhku Penulis : Diondexon Jenis Buku : Puisi, senandika Penata Letak: Dionisius Dexon Penyunting: Tim One Peach Media Pendesain Sampul: Dionisius Dexon Penerbit : One Peach Media Tahun Terbit : Februari...

Read more

Review Buku Anne of Green Gables (Wordsw…

19-07-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Read the timeless classic about the beloved Anne Shirley, a red-haired orphan with a fiery spirit. Now on Netflix   Judul : Anne of Green Gables Penulis : Lucy Maud Montgomery Jenis Buku : Children’s...

Read more

TERBARU - Jeff's Journal

Lima Hal yang harus Dipersiapkan Sebelum…

17-10-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Akhir-akhir ini, di Amerika Serikat sedang nge-tren sebuah istilah yang namanya The Great Resignation. Terjemahan bebasnya kira-kira “Pengunduran Diri Besar-besaran”. Entah kenapa kalau Amerika Serikat yang memberikan nama, biasanya selalu...

Read more

Tentang Caranya Mengelola Waktu

11-08-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    “Seandainya masih ada waktu...” Berani taruhan, diantara kita, pasti pernah berkomentar seperti di atas, atau yang mirip-mirip, minimal sekali seumur hidup. Waktu merupakan satu-satunya sumber daya yang tidak dapat diproduksi ulang. Apa...

Read more

Mencari Panutan

24-07-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  “Gue nge-fans sama Michelle Obama.” Kata seorang sahabat saya beberapa waktu lalu ketika mantan Ibu Negara Amerika Serikat itu meluncurkan bukunya yang berjudul Becoming. “Kalau gue baca bukunya Michelle karena pengen...

Read more

Kerja Keras vs Kerja Keras

13-07-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Jack Ma, salah satu orang terkaya di Tiongkok dan dunia, pernah mengemukakan sebuah hal yang cukup kontroversial beberapa waktu lalu. Ma mendukung penerapan sistem kerja 996, sebuah sistem kerja yang...

Read more

GENERALIST vs SPECIALIST

23-06-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Mari memulai diskusi ini dengan sebuah ilustrasi. Anggaplah kita sedang di perjalanan untuk berlibur ke sebuah negara di belahan dunia lain. Di tengah perjalanan, nasib naas menerpa kita, dan akhirnya kita...

Read more

Apa sih yang Harus Saya Miliki di Usia 2…

07-06-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada artikel sebelumnya, kita bersama-sama belajar tentang apa yang perlu kita miliki di usia 25 tahun, dari sisi pola pikir (mindset). Diantaranya kita harus mempunyai pemikiran yang mau selalu terus...

Read more

Apa sih yang Harus Saya Miliki di Usia 2…

22-05-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Akhir-akhir ini marak pembahasan di sosial media mengenai apa yang harus kita capai di usia 25 tahun. Bermula dari sebuah konten di twitter yang bertuliskan ‘usia 25 tahun idealnya punya...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 4) – Ala…

09-05-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

      Sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai Mastering Presentation. Pada artikel terakhir ini, mari kita ulas sedikit tentang alat bantu dalam melakukan presentasi. Ketika kita berbicara mengenai alat bantu dalam presentasi, perlu...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 3) – Cara…

25-04-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada dua artikel sebelumnya kita membahas tentang jenis dan gaya presentasi. Kedua hal ini mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam membuat presentasi yang lebih baik dari sebelumnya. Nah untuk bagian ketiga...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 2) – Cara…

12-04-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Jika pada artikel sebelumnya kita belajar mengenai jenis-jenis presentasi, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat presentasi yang baik. Kita langsung saja yaa.   Tentukan Tujuan. Tentunya setiap presentasi...

Read more

Mastering Presentation (Bagian 1) – Meng…

28-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pernahkah kamu ada dalam situasi yang mengharuskan kamu membuat materi presentasi, tetapi kamu merasa stuck? Pernahkah kamu hanya diberi waktu 10 menit untuk muncul dengan materi presentasi, padahal kamu belum ngapa-ngapain? Jika...

Read more

SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi…

12-03-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  SOTOY – Dan caranya untuk tidak menjadi lebih sotoy lagi –   Di tahun 1999, dua orang psikolog sosial, David Dunning dan Justin Kruger mempublikasikan sebuah studi berjudul “Unskilled and Unaware of It:...

Read more

Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah …

27-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Kebiasaan Menyikat Gigi Cathy – Sebuah pelajaran tentang membangun kebiasaan –   “Cathy! Ayo cepat sikat gigi, terus mandi! Udah siang nih, nanti terlambat sekolah kamu!” terdengar teriakan seorang ibu dari balik ruangan...

Read more

A Valentine's Day Nonsensical Article

12-02-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Sometimes we waited too long to say what we should have Partly in the name of romance, we acted different than what we could have Eased by the phrase “a special word”...

Read more

KERJA = JODOH ?

31-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Ada yang bilang "kalau namanya sebuah kerjaan (baca: perusahaan) sudah jodohnya kita, ngga akan lari kemana."   Konsep perjodohan ini agak menarik. Bagaimana tidak, istilah yang tadinya dipakai untuk urusan rumah tangga...

Read more

Revolution, not Resolution – 5 Cara Meme…

17-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada tulisan sebelumnya, kita banyak membahas tentang bagaimana resolusi tahun baru mudah sekali gagal tidak lama setelah janji tersebut terucap. Tidak sabaran, tidak punya rencana, tidak ada mekanisme kontrol, hilangnya...

Read more

Revelation, Not Resolution – 5 Resolusi…

02-01-2021 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Revelation, not Resolution – 5 Resolusi Untuk 2021, dan 5 Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal –   Kamu pasti tahu kan apa yang biasanya dilakukan saat memasuki tahun baru? Bikin resolusi! Dari yang canggih...

Read more

2020

19-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

Apakah kamu termasuk kelompok orang-orang yang lega tahun ini akhirnya berakhir? Atau masuk dalam katagori orang yang masih belum menerima kalau tahun 2020 ini begitu kacaunya? Atau mungkin kamu ada...

Read more

The Disrupted Disruption

05-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

    Ingatkah kalian, beberapa dekade yang lalu, ketika umat manusia masih berada dalam puncak kejayaannya dan sedang memasuki masa yang disebut sebagai era disrupsi digital? Sebentar.... Ah lupa.... rupanya belum sampai berpuluh-puluh tahun...

Read more

Rethinking Everything – The Disrupted Di…

03-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Pada artikel sebelumnya, kita membahas cukup banyak tentang disrupsi yang terdisrupsi. Waktu itu saya paparkan ada empat langkah yang perlu dilakukan untuk bisa survive atau bahkan menang dalam masa ini...

Read more

Orchestrate Your Action – The Disrupted …

01-12-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  – It takes as much energy to wish as it does to plan – Eleanor Roosevelt   Ada seorang anak muda, cerdas, belum lama lulus kuliah. Waktu itu dia bekerja di perusahaan yang...

Read more

Run, Forrest! Run! – a Disrupted Disrupt…

28-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  “...Life was like a box of chocolate, you never know what you’re gonna get” Kata-kata di atas keluar dari mulut Forrest Gump, seorang pria muda dengan IQ rendah namun baik hati...

Read more

Reinventing Yourself – a Disrupted Disru…

25-11-2020 Jeffrey Pratama - avatar Jeffrey Pratama

  Jadi, di masa pandemi ini kamu telah meletakkan semuanya di atas meja. Segala sesuatunya sudah dipikirkan dengan matang, mana yang akan kamu lakukan, mana yang bisa ditunda, mana yang harus...

Read more

TERBARU - POSITIVE VIBES

Mengapa Ringkasan Buku Itu Penting? Trib…

19-06-2022 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Pernah ga sih teman-teman merasakan suatu kebutuhan yang sebenarnya mendesak namun seringkali diabaikan? Mungkin karena rasanya kebutuhan ini sepele, atau mungkin dia tidak terasa mendesak sampe ketika waktunya tiba mendadak...

Read more

10 Tips Mengatasi Kesepian

05-12-2021 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Apakah kamu akhir-akhir ini merasa kesepian? Rasa sepi ini ga cuma hadir saat sendiri, tapi juga di tengah keramaian, atau bahkan saat bersama orang-orang terdekat. Ada sebuah rasa hampa yang...

Read more

Apa Kabar Batik Indonesia di Masa Pandem…

24-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Batik salah satu kekayaan bangsa kita, yuk tunjuk tangan siapa yang sama bangga dan cinta dengan batik Indonesia? sayaaa... :)   Yup, hari Batik Nasional jatuh di tanggal 2 Oktober kemarin ya. Artinya...

Read more

Mengenal Batik Indonesia Lebih Dalam (Se…

22-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Berusaha membaca dan meriset tentang batik Indonesia itu ternyata seperti tertimbun di banyak sekali sumber informasi, mulai dari wikipedia, artikel lepas, tulisan blogger, ebook, berita media dan lain sebagainya. Saya...

Read more

Cara Membuat Batik (Teori dan Praktik)

20-10-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Setelah menyimak situasi perbatikan Indonesia dan dunia saat ini, lalu membaca-baca sejarah, makna, dan motif batik Indonesia, tentu saya jadi ingin tau lebih dalam tentang teknik membatik. Mungkin teman-teman juga...

Read more